Kamis, 17 September 2015

Laporan Kunjungan Industri TKJ




Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala hidayah dan rahmat-Nya, sehingga penulis dapat melaksanakan KUNJUNGAN INDUSTRI    yang bertempat di PUSTEKKOM Jakarta, selama 4 hari dengan baik sekaligus penulis dapat menyusun laporan ini sebagai syarat untuk kenaikan kelas.
Dengan adanya Kunjungan Industri  ini, penulis dapat menambah wawasan dan pengalaman, serta dapat mempraktekkan ilmu yang telah diberikan Bapak/Ibu guru di sekolah sebagai penunjang selama mengikuti PRAKERIN. Dengan diadakannya KI ini siswa tidak canggung dalam menghadapi dunia usaha yang sesungguhnya. Laporan ini merupakan bukti tertulis bahwa penulis telah melaksanakan kegiatan KI di PUSTEKKOM Jakarta. Penulis mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu, membimbing dan memberikan dukungan kepada penulis dalam pelaksanaan KUNJUNGAN INDUSTRI (KI).
Dengan terselesaikannya laporan ini, penulis ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
  1. Bapak Parno,S.Pd. selaku Kepala Sekolah di Sekolah Menangah Kejuruan .
  2. Bapak Kepala pimpinan industri di PUSTEKKOM JAKARTA.
  3. Bapak Mayri Sukarno,SE. selaku Pembimbing Kunjungan Industri XI TKJ
  4. Seluruh pengajar yang telah senantiasa mengajar dan membimbing penulis.
  5. Seluruh Karyawan PUSTEKKOM Jakarta yang telah banyak membantu dalam pelaksanaan KI.
  6. Bapak/Ibu guru, Adik-adik kelas penulis yang telah memberi dorongan material maupun spiritual, keluarga dan saudara-saudara penulis, serta semua pihak yang telah banyak membantu dalam pembuatan laporan ini yang tidak penulis sebutkan.
Dalam menyusun laporan ini penulis telah berusaha secara maksimal, tapi penulis menyadari bahwa laporan ini jauh dari kesempurnaan, sehingga hal tersebut tidak menutup kemungkinan adanya kelebihan dan kekurangan, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan untuk perbaikan.
Penulis berharap laporan KI ini akan memberi manfaat bagi pembaca dan generasi baru yang nantinya akan menjalani KI

                                                                             Rembang, 25 Mei 2015


                Tim Penyusun















  




DAFTAR ISI

Lembar Judul (cover/sampul depan).................................................................. i
Lembar Persetujuan Laporan Kunjungan Industri (pihak sekolah)……………………… ii
Kata Pengantar.……………………………………………………………………………………………. iii
MOTTO............................................................................................................ iv
Abstrak………………………………………………………………………………………………………… v
Persembahan……………………………………………………………………………………………….. v
Daftar Isi ........................................................................................................ vi
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang Kunjungan Industri…………………………………..…………….1
1.2    Dasar-dasar Kunjungan  Industri…………………………………………………….1
1.3    Tujuan kunjungan Industri…………………….……………………....................1
1.4    Tujuan Umum………………………………………………………………………………..1
1.5    Tujuan Khusus……………………………………………………………………………….1
BAB 2 PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
2.1    Waktu Pelaksanaan………………………………………………………………………..2
2.2    Tempat Pelaksanaan………………………………………………………………………2
2.3    Profil PUSTEKKOM JAKARTA……………………………………………...............2
2.3.1    Partnership………………………………………………………………………….2 
2.3.2    Profil Kami…………………………………………………………………………..2
2.3.3    Struktur Organisasi……………………………………………...................3
2.3.4    Fasilitas……………………………………………………………………………….4
2.3.5    SDM…………………………………………………………………………………….9
2.3.6    Visi & Misi…………………………………………………………………………….9
2.3.7    Sejarah PUSTEKKOM JAKARTA……………………………………………….9
2.3.8    Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat…………....................10
2.3.8.1  Faktor Pendukung…………………………………………………….10
2.3.8.2  Faktor Penghambat………………………………………………….10
BAB 3 KESIMPULAN DAN SARAN
3.1    Kesimpulan…………………………………………………………………………………..11
3.2    Saran…………………………………………………………………………………………..11

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Kunjungan Industri
        Kunjungan industri sangat berpengaruh terhadap cara kerja seseorang, makanya pihak sekolah mengadakan kunjungan industry yang bertujuan untuk mendidik para siswa dan agar siswa mengetahui cara kerja dan mengetahui bagaimana dunia industri itu. Dan supaya siswa dapat menambah pengalaman dan wawasan di bidang TKJ.

1.2 Dasar-dasar Kunjungan Industri (PRAKERIN)
-      Ingin mengetahui tentang PUSTEKKOM Jakarta.
-      Ingin Melihat alat alat teknologi Komputer yang lebih bagus dan modern di banding alat-alat Komputer di sekolah Kami.
-      Ingin melihat secara langsung tentang proses-proses pembuatan film-film.serta
-      Ingin mengetahui seluk beluk PUSTEKKOM Jakarta.
1.3 Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
    Menambah pengalaman dan mengetahui pengawasan di bidang TKJ di PUSTEKKOM Jakarta.
1.4 Tujuan Umum
    Kunjungan industri ini bertujuan untuk menambah wawasan dan  pengetahuan cara kerja.
1.5 Tujuan Khusus
         Meningkatkan Kerja sama untuk memenuhi kebutuhan pemerintah,  industri dan masyarakat.








BAB II
PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN

2.1 Waktu Pelaksanaan
: Pada tanggal 22 April 2015 pukul 10.00-12.00 WIB.
2.2 Tempat Pelaksanaan
:PUSTEKKOM Jakarta, Jl. RE Martadinata KM 5,5 Cipayung Ciputat-Tanggerang Selatan.
2.3 Profil PUSTEKKOM JAKARTA
2.3.1   Partnership
          PUSTEKKOM membina kerjasama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri, antara lain melalui IDLN (Indonesian Distance Learning Network), SEAMEO SEAMOLEC (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Center), dan GDENet (Global Distance Education Network).
2.3.2   Profil Kami
          PUSTEKKOM merupakan salah satu pusat yang berada langsung di bawah Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional sesuai dengan Permendiknas No. 23 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat-pusat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pendidikan maka sejak tahun 2000, Pustekkom memperluas lingkup kerjanya dengan menambahkan unsur teknologi informasi ke dalam bidang tugasnya, sehingga nama lembaga ini menjadi Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, dengan akronim tetap PUSTEKKOM (ICT Center for Education). Pustekkom di dirikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 1978 tertanggal 31 Agustus 1978 dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0145/O/1979 tertanggal 30 Juni 1979 yang diperbaharui dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0222g/O/1980. Dan kini Pustekkom mengelola JARDIKNAS yaitu Jaringan Pendidikan Nasional, yang menjadi ‘Jembatan Informasi Digital Dunia Pendidikan ‘ .

 
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Kunjungan Industri
        Kunjungan industri sangat berpengaruh terhadap cara kerja seseorang, makanya pihak sekolah mengadakan kunjungan industry yang bertujuan untuk mendidik para siswa dan agar siswa mengetahui cara kerja dan mengetahui bagaimana dunia industri itu. Dan supaya siswa dapat menambah pengalaman dan wawasan di bidang TKJ.

1.2 Dasar-dasar Kunjungan Industri (PRAKERIN)
-      Ingin mengetahui tentang PUSTEKKOM Jakarta.
-      Ingin Melihat alat alat teknologi Komputer yang lebih bagus dan modern di banding alat-alat Komputer di sekolah Kami.
-      Ingin melihat secara langsung tentang proses-proses pembuatan film-film.serta
-      Ingin mengetahui seluk beluk PUSTEKKOM Jakarta.
1.3 Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
         Menambah pengalaman dan mengetahui pengawasan di bidang TKJ di PUSTEKKOM Jakarta.
1.4 Tujuan Umum
      Kunjungan industri ini bertujuan untuk menambah wawasan dan  pengetahuan cara kerja.
1.5 Tujuan Khusus
      Meningkatkan Kerja sama untuk memenuhi kebutuhan pemerintah,  industri dan masyarakat.








BAB II
PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN

2.1 Waktu Pelaksanaan
 : Pada tanggal 22 April 2015 pukul 10.00-12.00 WIB.
2.2 Tempat Pelaksanaan
 :PUSTEKKOM Jakarta, Jl. RE Martadinata KM 5,5 Cipayung Ciputat-Tanggerang Selatan.
2.3 Profil PUSTEKKOM JAKARTA
2.3.1   Partnership
      PUSTEKKOM membina kerjasama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri, antara lain melalui IDLN (Indonesian Distance Learning Network), SEAMEO SEAMOLEC (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Center), dan GDENet (Global Distance Education Network).
2.3.2   Profil Kami
         PUSTEKKOM merupakan salah satu pusat yang berada langsung di bawah Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional sesuai dengan Permendiknas No. 23 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat-pusat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pendidikan maka sejak tahun 2000, Pustekkom memperluas lingkup kerjanya dengan menambahkan unsur teknologi informasi ke dalam bidang tugasnya, sehingga nama lembaga ini menjadi Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, dengan akronim tetap PUSTEKKOM (ICT Center for Education). Pustekkom di dirikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 1978 tertanggal 31 Agustus 1978 dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0145/O/1979 tertanggal 30 Juni 1979 yang diperbaharui dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0222g/O/1980. Dan kini Pustekkom mengelola JARDIKNAS yaitu Jaringan Pendidikan Nasional, yang menjadi ‘Jembatan Informasi Digital Dunia Pendidikan ‘ .


 




 2.3.1   Fasilitas

  Untuk mendukung pelaksanaan tugasnya Pustekkom dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, antara lain; ruang presentasi, ruang training, studio radio, studio televisi, studio multimedia, dan perpustakaan media/pusat sumber belajar (PSB).
PRODUK :
Setelah lebih dari 25 tahun berkiprah dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, sudah banyak yang dihasilkan oleh Pustekkom, baik berupa model dan sistem pembelajaran maupun media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi antara lain:

* TVE (Televisi Edukasi)
* EdukasiNet
* Bimbel Online
* Radio Edukasi
* KiHajar
* Multimedia Interaktif
* PSB
* Pelatihan Pengembangan Pemanfaatan TIK
* Model Pembelajaran Diklat Bahasa Inggris
* Program S1 PGSD Jarak Jauh
* Media Terintegrasi Bahasa inggris di SMP

Televisi Edukasi
~ TVE adalah Televisi yang mengkhususkan pada siaran pendidikan. Motto : Santun dan Mencerdaskan

Program yang ditayangkan meliputi :

-� Pendidikan Formal (SD sampai Perguruan Tinggi)
-� Pendidikan Informal (Seni, Olahraga, Budaya, Keterampilan, Agama, Kesehatan, Budi Pekerti, Pertanian, Peternakan, dll)
-� Pendidikan Non Formal (Program Paket A, Paket B, Paket C, dll)
-� Informasi kebijakan Depdiknas

E-dukasi.net

~� E-dukasi.Net adalah portal pendidikan yang menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi antar komunitas pendidikan.
~� Portal ini berisi bahan belajar, wahana aktivitas komunitas dan info pendidikan.

Manfaat portal e-dukasi.net antara lain:

-� Sumber belajar dan informasi pendidikan
-� Sarana komunikas serta kolaborasi antar komunitas; dan Wahana berbagi informasi.

Radio Edukasi

~� Radio Edukasi adalah radio yang bergerak di bidang pendidikan.
~� Merupakan layanan Siar Pendidikan berskala nasional.

Bimbingan Belajar Online (Bimbel Online)



Bimbingan Belajar Online adalah salah satu layanan e-dukasi.net dengan cara menyediakan latihan dan bimbingan belajar yang dapat di akses melalui internet dan intranet, dan diasuh oleh tutor yang kompeten untuk membantu siswa menyiapkan diri menghadapi ujian.

          Kuis KiHajar

Program Kuis unggulan dari Televisi Edukasi (TVE) yang bertujuan untuk menjaring siswa/i SMP yang bertalenta terutama dari daerah terpencil, dan sekaligus untuk lebih memperkenalkan atau mensosialisasikan TVE kepada pemirsanya. Khususnya siswa SMP, sehingga TVE menjadi bagian kehidupan mereka

Multimedia Interaktif

Suatu program pembelajaran yang merupakan kombinasi berbagai media secara harmonis dan terintegrasi sehingga menghasilkan program pembelajaran yang sinergi untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

Program ini disajikan dalam bentuk CD/Offline



Pusat Sumber Belajar
Suatu unit dalam suatu lembaga (khususnya sekolah/universitas) yang berperan mendorong efektifitas serta optimalisasi proses pembelajaran melalui penyelenggaraan berbagai fungsi yang meliputi fungsi layanan (layanan sumber belajar, pelatihan, konsultansi pembelajaran), fungsi pengadaan/pengembangan, fungsi penelitian dan pengembangan.

Pengembangan SDM Bidang TIK untuk Pendidikan
Pelatihan yang bertujuan untuk menghasilkan Guru yang dapat memanfaatkan TIK dalam proses belajar mengajar
.
Pendidikan dan Pelatihan Bahasa Inggris Guru SD Sistem Jarak Jauk
:

~� Diklat Bahasa Inggris Guru SD sistem jarak Jauh adalah suatu Diklat bahasa Inggris yang diikuti oleh Guru SD dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan berbagai media komunikasi.
~� Bahan ajar Diklat ini dikembangkan dan dikemas dalam bentuk modul dilengkapi dengan media audio dan video yang dapat digunakan peserta didik untuk belajar mandiri.

Pendayagunaan ICT Menunjang Program S1 PGSD Sistem Jarak Jauh

Program S1 PGSD Jarak jauh adalah penyelenggaraan program pendidikan yang bertujuan untuk mencetak para guru/calon guru agar memiliki kualifikasi pendidikan formal pada jenjang S1/D IV Jurusan Pendidikan Guru dengan menggunakan Sistem pendidikan jarak jauh dimana terjadi keterpisahan antara pendidik dengan peserta didik.

Media Audio Interaktif di SD

Suatu model pembelajaran dengan menggunakan media audio, dimana siswa seolah-olah dapat berinteraksi dengan media tersebut. Dilengkapi dengan bahan cetak berupa buku petunjuk pemanfaatan untuk guru, bahan penyerta untuk siswa, LKS dan lembar tes, sehingga terjadi timbal balik (interaktif) antara media dengan siswa


Pemanfaatan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Terintegrsi di SMP
:
Pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media yang terintegrasi antara media cetak (modul) dengan media audio. Pemanfaatannya dilaksanakan secara terintegrasi, artinya keduanya terjadi saling ketergantungan antara yang satu dengan yang lainnya.

Layanan

Pustekkom memberikan layanan antara lain:

~� Pengembangan sistem instruksional.
~� Pengembangan media pembelajaran (Audio, Video, Cetak, Audio visual, Web, dan Multimedia).
~� Pengembangan bahan belajar mandiri.
~� Perancangan dan pengelolaan sistem pendidikan jarak jauh/terbuka.
~� Kunjungan studi banding dan konsultasi
~� Membantu kemudahan akses internet secara merata dengan Jardiknas
2.3.2   SDM








2.3.1   Visi & Misi
1.    VISI :
Lembaga unggulan pada bidang teknologi informasi dan komunikasi pendidikan (Center of excellence on information and communication technology for education).
2.    MISI :
~ Memecahkan masalah-masalah pendidikan melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.
~ Meningkatkan kualitas SDM melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.
2.3.2   Sejarah PUSTEKKOM JAKARTA
Latar belakang berdirinya Pustekkom
Strategi pembelajaran yang diterapkan di SMP biasa (konvensional) adalah sepenuhnya bersifat tatap muka. Sedangkan di SMP Terbuka, strategi pembelajaran yang diterapkan bersifat belajar mandiri. Hanya sebagian kecil saja waktu belajar peserta didik yang digunakan untuk belajar secara tatap muka dengan guru mata pelajaran (tutorial tatap muka). Sebagian besar dari waktu kegiatan belajar mandiri dilaksanakan pada sore hari (pukul 14.00-16.00) di gedung SD atau di tempat lain yang mudah dijangkau oleh para peserta didik di bawah bimbingan atau supervisi tutor (guru pamong).
Guru Pamong tidak berkualifikasi mengajar di SMP karena tugas mereka bukanlah untuk mengajar tetapi hanya mengelola kegiatan pembelajaran dan mengarahkan peserta didik untuk belajar optimal. Yang menjadi Guru Pamong pada umumnya adalah guru-guru dan Kepala Sekolah SD. Dewasa ini, SMP Terbuka dijadikan sebagai salah satu pola pendidikan Wajib Belajar 9 Tahun.
Model pendidikan Sekolah Menengah tingkat Pertama Terbuka (SMP Terbuka) diusulkan sebagai alternatif pemecahan masalah yang bersifat inovatif untuk mengatasi ledakan lulusan SD yang dihasilkan sebagai dampak dari penerapan kebijakan pembangunan SD secara besar-besaran (SD Inpres) sehingga di dirikan lah Pustekkom
.


2.3.3   Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat

2.3.3.1    Faktor Pendukung:
1.    Mendapat izin dari kepala sekolah untuk melaksanakan Kunjungan Industri.
2.    Mendapat izin dari orang tua untuk mengikuti kunjungan industri.
                2.3.8.2   Faktor Penghambat : 
                   1.  Kurangnya kedisiplinan.
               2.  Kurang memperhatikan bimbingan yang diberikan.
                            















BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

3.1 Kesimpulan
·         Dengan diadakan Kunjungan Industri seperti ini siswa siswi diharapkan dapat berfikir maju, kreatif, dan efisien sehingga dapat mengurangi perilaku yang bersifat negatif misalnya kenakalan remaja karena bakat dan kemampuannya lebih tersalur kepada hal-hal yang positif yang akan berguna bagi kehidupannya baik sekarang maupun yang akan datang.

3.2 Saran
·         Sebaiknya pimpinan lebih jelas dalam menerangkan atau menjelaskan tentang bagian-bagian atau tugas-tugas karyawanya.
·         Kegiatan lebih baik disesuaikan dengan jadwal produksi agar siswa dapat mengetahui proses pembuatannya.
·         Diharapkan agenda program Kunjungan Industri ini tetap berjalan setiap tahunnya.
·         Sekolah sebaiknya mengadakan Kunjungan Industri ketempat        yang sesuai dengan kompetensi keahlian.













DAFTAR PUSTAKA




 

 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar